Ini Alasan PNS Doyan Korupsi Uang Perjalanan Dinas

 

Jakarta – Anggaran perjalanan dinas Rp 18 triliun ternyata bukannya terlalu besar justru memang terbatas. Karena dibandingkan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang amat sangat banyak, dana Rp 18 triliun tidak akan cukup bagi PNS dan pejabat di seluruh Indonesia.

Hal ini membuat pejabat maupun PNS melakukan segala cara untuk bisa menambah penghasilannya atau melebihkan dana ketika ada perjalanan dinas.

“Jumlah PNS itu banyak. Nah itu dana Rp 18 triliun tidak akan tercover semua, kemarin saja tahun lalu sempat dipotong kalau tidak salah,” kata Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio ketika dihubungi detikFinance di Jakarta, Kamis (3/5/2012).

Menurut Agus, PNS yang memang tidak ‘bandel’ kadang mendapatkan jatah yang pas-pasan dalam perjalanan dinasnya. Akhirnya, sambung Agus PNS tersebut terpaksa melakukan ‘mark up’ alias penggelembungan dana untuk memperoleh tambahan untuk hidup di sana.

Mark up biasanya yang harusnya 2 hari perjalanan dinas menjadi 3 hari. Kemudian adat kita kan kalau ada yang dinas pasti yang ditinggalkan misalnya keluarga perlu dikasih tambahan biaya ataupun begitu pulang dinas harus bawa oleh-oleh,” tuturnya.

“Hal ini menjadi salah satu sebab PNS melakukan mark up. Selain itu PNS juga anggaran perjalanan dinas yang minim menyebabkan PNS melakukan berbagai macam cara,” imbuh Agus.

Lebih jauh Agus menyampaikan beberapa solusi mengatasi masalah hal ini. Yakni dengan menaikkan anggaran perjalanan dinas dan dilaporkan secara resmi dan bertanggung jawab.

“Selain itu ketika sudah dipastikan kenaikan anggaran perjalanan dinas ini, pengaturan dan pertanggung jawabannya mesti transparan dan Inspektorat Jenderal (Irjen) harus bertanggung jawab penuh,” tutup Agus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s