Abu Sofyan Puni: Pendidikan Agama Dimulai dari Orang Tua

Banda Aceh-KemenagNews (3/5/2012)

Tgk. H. Abu Sofyan Puni, atau yang lebih dikenal dengan Abu Puni dalam ceramah maulid dihadapan keluarga besar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kamis (3/5), menguraikan akan arti pentingnya pendidikan agama sebagai modal utama membangun masyarakat dan keluarga.

“Pendidikan agama harus dimulai dari orang tua, karena orang tua inilah yang kemudian akan melahirkan dan membesarkan anak-anaknya. Kalau orang tuanya tidak shaleh, bagaimana mereka akan mencetak dan mendidik anak-anak yang shaleh,” ujar Abu Puni.

Lebih lanjut, penceramah menekankan pentingnya membangun keluarga yang harmonis sebagai landasan membangun masyarakat yang maju, makmur dan shaleh. ”Kebanyakan masalah muncul dari dalam keluarga, kehidupan keluarga yang tidak harmonis bisa menjadi bom yang meledak dan berakibat kepada masyarakat luas,” papar Tgk. Sofyan yang kerap mendampingi jamaah umrah setiap tahun.

Di akhir ceramahnya, beliau menekankan bahwa teladan Nabi baru bisa dicerna dan diamalkan bila ditunjang dengan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang benar. ”Tanpa ilmu dan wawasan yang benar, kita akan melihat bahwa teladan rasul menjadi tidak cocok dengan pola hidup kita saat ini, padahal dengan pendekatan yang tepat, sungguh ajaran dan sunnah rasul itu masih relevan dalam kehidupan kita hari ini, bahkan hingga akhir zaman,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s