Wamenag Isi Halaqah Magrib Masjid Raya Baiturrahman

 

Banda Aceh-KemenagNews (5/5/2012)

Wamenag Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA menjadi pemateri pada halaqah Magrib Masjid Raya Baiturrahman, Sabtu Malam (5/5). Dalam tausyiahnya, menteri mengangkat tema “Bismillahirrahmanirrahim.”

Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW, senadainya al-Quran diringkas, maka ringkasannya adalah surat Al-Fatihah, dan seandainya di ringkas kembali maka ringkasan intinya ada pada ayat pertama, yaitu “Bismillahirrahmanirrahim.” Dan andaikata Bismillahirrahmanirrahim juga di ringkas, maka maknanya ada pada kata “Ar-Rahman” dan ”Ar-Rahim.”

Kata ”Ar-Rahman” dan ”Ar-Rahim” berasal dari akar “ra,” “ha,” dan “mim,” yang memiliki makna “cinta.”

Inti dari al-Quran sesungguhnya adalah Cinta Allah SWT kepada hamba-hambanya. Bahkan sebagian besar nama-nama Allah (Asmaul Husna) yang diulang-ulang dalam al-Quran adalah nama-nama yang mengandung makna cinta, seperti Al-Latif, AT-Tawwab, Al-Ghafur dan lain-lain, meskipun Allah memiliki nama-nama yang tergolong maskulin (sifat jalalah Allah) seperti Al-Qahhar, Al-Jabbar, namun nam tersebut jarang diulang dalam al-Quran.

Ketika Nabi SAW bersabda supaya umatnya memulai segala sesuatu dengan Bismillahirrahmanirrahim, hal tersebut mengandung makna bahwa manusia memulai segala sesuatu selaku khalifah Allah, karena ungkapan ”bismillah” bermakna atas nama Allah.

Dengan kata lain, manusia menjalankan amanah Allah sebagai khalifah di muka bumi untuk memeliharanya, mendayagunakannya dan tidak sewenang-wenang di dalamnya, karena manusia mengemban misi cinta dan kasih sayang dari Ar-Rahman / Ar-Rahim Azza Wajalla, Allha SWT.

Selebihnya, Wamenag mengungkapkan beberap keistimewaan al-Quran sebagai kitab samawi yang mengandung kebenaran dan keotentikan, bahkan rahasia-rahasia ilmiyah yang diteliti oleh para ahli di bindangnya ternyata juga terungkap dalam al-Quran.

Demikian sekelumit ceramah Wamenag di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh yang dipancarluaskan oleh RRI Banda Aceh, Radio Baiturrahman FM, dan beberapa radio lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s