Menag Minta Saudi Terapkan Pengumuman Dalam Bahasa Indonesia

Jakarta (Pinmas)—Menteri Agama Suryadharma meminta agar Bahasa Indonesia dipergunakan dalam papan pengumuman atau rambu-rambu petunjuk bagi jamaah haji yang tersebar di tanah suci seperti di kawasan Arafah, Mina dan Muzdalifah. Hal itu mengingat jamaah haji Indonesia sebagai jamaah terbesar di dunia.

Permintaan ini telah disampaikan kepada Menteri Haji Arab Saudi Dr.Bandar bin Mohamed Hajjar, “Jumlah jamaah Indonesia terbesar didunia, baik jamaah umrah maupun haji. Karena itu petunjuk atau rambu- rambu di tanah suci bisa mempergunakan Bahasa Indonesia,” kata Menag kepada pers di bandara internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Jumat (11/4) malam, usai tiba dari kunjungan kerja di Arab Saudi.

Menag juga mengungkapkan, Arab Saudi tengah melakukan pembongkaran gedung-gedung di sekitar Masjidil Haram, menyebabkan pemondokan yang dekat dari masjid ini makin sulit diperoleh.

Walau demikian Kementerian Agama berupaya jarak terjauh pemondokan jamaah haji adalah 2.500 meter dari Masjidil Haram, meski terjadi pergeseran titik acuan jarak dari Masjidil Haram ke pemondokan jamaah.

“Titik star di halaman terakhir Masjidil Haram bukan dari Ka’bah, karena pelebaran Masjidil Haram yang sangat luas sehingga batas ini terjadi bergeseran,” kata Menag dalam jumpa pers yang didampingi Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Zubaidi, Sekretaris Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Cepi Supriatna, Direktur Pelayanan Haji Sri Ilham Lubis.

Menag juga mengatakan, pada musim haji tahun ini Kemenag akan memberi prioritas bagi jamaah usia lanjut. “Diharapkan pada tahun ini, jamaah haji diatas usia 80 tahun sudah tuntas. Nanti pada tahun 2013 kalau ada calon jamaah yang berusia diatas 80 tahun bisa berangkat pada tahun itu juga,” ujarnya.

Dari 1,7 juta daftar tunggu jamaah haji Indonesia, menurut Menag, calhaj usia lanjut diatas 60 tahun sebanyak 289 ribu orang. (ks)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s