Menag : Saudi Pelajari Permintaan Tambahan Kuota Haji

Jakarta, (Analisa). Menteri Agama Suryadharma Ali mengakui bahwa permohonan penambahan kuota haji bagi Indonesia pada musim haji 2012 sebesar 30.000 masih dipelajari dan diharapkan dalam dua bulan ke depan ada kepastian besarnya kuota jemaah haji Indonesia.
“Saya sudah bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Mohamed Hajjar dan menyampaikan penambahan kuota haji itu,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali kepada pers seusai melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi, Sabtu.

Selama berada di Arab Saudi, Menag membahas persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji 2012, termasuk penandatangan MoU dengan Menteri Urusan Haji Kerajaan Arab Saudi. Kunjungan Menag dilakukan Selasa (1/5) dan pada Jumat malam (11/5) tiba kembali di Tanah Air. Ikut dalam rombongan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) , serta Direktur Pelayanan Haji Sri Ilham Lubis.

Didampingi Sekretaris Ditjen PHU Cepi Supriatna dan Kapus Pinmas Zubaidi, Menag Suryadharma Ali mengaku bahwa pada pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi dikemukakan bahwa daftar tunggu (waiting list) bagi jemaah haji Indonenesia sudah mencapai 1,7 juta orang. Jika kuota tak ditambah, jemaah sebanyak itu baru bisa menunggu hingga 12 tahun ke depan.

Permintaan ini sudah dikemukakan kepada Pemerintah Arab Saudi melalui menteri haji bersangkutan. Dengan harapan, antrian yang panjang bisa dikurangi jika kuota ditambah, katanya.

Pemerintah Saudi Arabia pada tahun lalu memenuhi permintaan Indonesia untuk menambah kuota jamaah calon haji. Hasilnya, Indonesia mendapat tambahan kuota 10 ribu. Maka, untuk musim haji 2011 lalu jamaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi mencapai 211.000 jiwa.

“Kita tahun ini minta sebanyak 30.000. Diharapkan dapat dipenuhi,” katanya lagi.

Terkait dengan permintaan itu pula, ia menjelaskan, pemerintah Arab Saudi akan mempelajari terlebih dahulu. Pasalnya, lokasi atau tempat puncak ritual haji — Arafah dan Mina — makin terbatas.

Tempatnya dari tahun ke tahun tak berubah. Tentu saja permintaan tersebut sulit dapat dipenuhi. Apalagi permintaan serupa juga datang dari sejumlah negara muslim lain, yang ingin kuota hajinya ditambah. “Ini tentu saja menyulitkan Arab Saudi,” ia menjelaskan.

Alasan Indonesia bersikeras menambah kota haji, menurut SDA, sapaan Suryadharma Ali, mulai tahun 2012 secara bertahap pihaknya akan lebih memprioritaskan jemaah haji usia lanjut. Utamanya usia 80 tahun ke atas yang tercatat dalam Sistem Komputer Haji Terpadu (Siskohat) cukup besar.

Tentu memberangkatkan jemaah usia lanjut punya konsekuensi tersendiri, antara lain harus punya tenaga pendamping yang juga harus sudah masuk dalam Siskohat.

Jemaah haji Indonesia, termasuk yang ikut umroh, tercatat sebagai jemaah terbesar sepanjang tahun. Karena itu ia pun minta agar pemerintah setempat bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Namun di sisi lain ia mengaku prihatin, ketika di Arafah dan Mina banyak tenda-tenda dimasuki rombongan jemaah haji non-kuota. Jelas, ini sangat mengganggu kenyamanan dalam beribadah. Pihaknya sudah minta kepada muasasah untuk memperbaiki pada pelaksanaan musim haji 2012 ini.

Pada pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Mohamed Hajjar, lanjut Menag, juga dibahas perlunya ada standar harga pondokan yang dari tahun ke tahun terus naik. Berbeda dengan di Madinah, harga pondokan sekalipun ada kenaikan tetapi tidak terlalu signifikan.

“Ini kita bahas. Tak pernah harga pondokan stagnan. Atau naik sedikit saja. Selalu naiknya kelewatan. Teman-teman di dewan harus tahu ini,” ujarnya.

Perolehan pondokan jemaah haji Indonesia sudah mencapai 68,22 persen dengan jarak terjauh 2,5 km. Pondokan dekat dengan Masjidil Haram kini makin sulit didapat, karena perluasan kompleks masjidil haram terus berlangsung. Diperkirakan sudah 1.700 bangunan pondokan dekat masjid terbesar itu digusur. Menag berharap pada awal Juli perolehan pondokan sudah 100 persen.(Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s