Ditjen PHU Gelar Rapat Kerja Teknis Penyelenggaraan Haji

Jakarta (Pinmas)— Kementerian Agama (Kemenag) dalam hal ini Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) akan menggelar rapat kerja teknis penyelenggaraan haji dengan melibatkan unsur pusat dan daerah, termasuk dihadiri seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji .

Rapat tersebut direncanakan akan dibuka Menteri Agama Suryadharma Ali di Hotel Mercure, Ancol Jakarta, Selasa malam. Rapat akan berlangsung selama tiga hari, 15 – 17 Mei 2012 tersebut, diharapkan dapat dihadiri oleh seluruh Kakanwil Kementerian Agama, Ditjen Bea Cukai, Ditjen Imigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri dan kalangan perbankan penerima setoran dana haji.

Rapat ini dimaksudkan untuk peningkatan kualitas pembinaan, pelayanan dan perlindungan jemaah haji berbasis ISO 9001: 2008 dan sekaligus pula mengevaluasi pelaksanaan penyelenggaraan haji 1432 H/2011 M, ujar Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Cepi Supriatna di Jakarta, Senin (14/5) petang.

Selain mengevaluasi, lanjut Cepi, diharapkan dari para peserta adanya masukan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji ke depan. Dan, tak kalah penting adalah rumusan sebagai bahan kebijakan untuk penyelenggaraan haji mendatang.

Karena itu, pihaknya pun dalam rapat nanti menyertakan para pengelola embarkasi haji. Utamanya di embarkasi yang memberangkatkan jemaah terbanyak. Sementara unsur daerah dilibatkan karena terkait adanya amanat dari undang-undang No.13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji bahwa daerah diberi amanat untuk membantu kelancaran transportasi jemaah ke embarkasi. Termasuk pula di dalamnya dalam hal pembuatan pasport jemaah.

Dalam rapat ini nanti, menurut Cepi, ada tiga komisi: komisi pembinaan jemaah haji, peningkatan pelayanan haji dan peningkatan penyelenggaraan haji di Arab Saudi. Diharapkan Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat akan menjadi narasumber yang mengangkat tema kualitas pelayanan haji dan Irjen Kemenag Suparta akan berbicara dari sisi pengawasan dan memberikan rekomendasi bagi penyelenggaraan haji mendatang. (ant/ess)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s