Menjalin Kerjasama yang Bermanfaat Bagi Dua Negara

Jakarta (Pinmas)—Menteri Agama Suryadharma Ali menyambut sejawatnya Menteri Di Jabatan Perdana Menteri Datuk Seri Jamil Khir Baharom dan istri beserta rombongan dari Malaysia di Ruang Auditorium Kementerian Agama Thamrin Senin malam (14/5).

Dalam acara jamuan malam yang tampak rileks, santai dan penuh kekerabatan tersebut, Menteri Agama menerima dengan tangan terbuka usulan Menteri Agama Malaysia Dato’ Seri Jamil Khir bin Haji Baharom agar Kementerian Agama kedua Negara melakukan pertemuan rutin tiap tahun, untuk berdiskusi, bertukar pikiran dan berbagi pengalaman tentang berbagai masalah keagamaan di dua negara serumpun.

“Kementerian Agama Indonesia, menerima dengan tulus dan tangan terbuka keinginan baik Dato’ untuk menjalin kerjasama yang lebih erat bagi dua Negara, terutama berbagai permasalah keagamaan, agar ke depan, kerja sama ini mampu memberikan manfaat yang positif dan nyata bagi masyarakat dua Negara,” sambut Menag

“Kita mempunyai banyak persamaan, meski juga ada perbedaan, karena system ketatanegaraan kita berbeda. Semoga, Jakarta mampu menjadi Makah, yakni selalu dirindukan dan tuan kembali lagi ke sini suatu saat. Harapan kami, kita mampu duduk bersama untuk membahas berbagai permasalahan hukum Islam, agar Islam mampu menjawab tantangan dan tuntutan zaman, mampu memahamkan umatnya sesuai dengan perkembangan jaman” harap Menag.

Menag melanjutkan, berbagai permasalahan keagamaan seperti hukum tentang adanya Bank ASI (Air Susu Ibu), permasalahan haji dan masalah keagamaan lainnya, bias dibicarakan ulama kedua Negara agar masyarakat muslim mampu mengejawantahkan hukum agama dalam konteks kekinian.

Sementara itu, Menteri Agama Malaysia Mejar Jeneral Dato’ Seri Jamil Khir bin Haji Baharom berharap mampu belajar pengelolan haji di Indonesia, yang diyakini salah satu terbaik.

“Pemerintah Indonesia mampu mengelola dengan baik 226 ribu jama’ah haji tiap tahun. Kami perlu banyak belajar. Karena, meski jama’ah Haji Malaysia hanya 28 ribu, namun kami merasa masih ada yang kurang dalam pengelolaannya. Muslim Indonesia, selain terbesar, juga terdamai di dunia” Puji Dato’ Seri Jamil

Kedua Menteri Agama sepakat melakukan pertemuan rutin tiap tahun untuk membahas berbagai masalah keagamaan. Menag RI berkeinginan dalam pertemuan rutin tersebut, juga mempertemukan Ulama kedua Negara, sedang Menag Malaysia menambahkan dengan pentingnya sertifikasi halal pada makanan yang beredar di dua Negara. Harapannya ke depan, umat Islam secara keseluruhan, mampu menjadi umat terbaik. “Karena Islam adalah ya’lu wa la yu’la ‘alaih” terang Dato’ Jamil

Dalam jamuan makan malam tersebut, hampir semua pejabat eselon 1 dan 2 dan istri dalam institusi Kementerian Agama RI hadir, sedang dalam rombongan Menag Malaysia, selain dihadiri Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, tampak para pejabat penting dan istri di kementerian agama Malaysia mengikuti kunjungan tidak resmi ini. (G-penk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s