Dirjen Pendis: Buku Bergambar Nabi Akibat Salah Teknis Pencetakan

Jakarta (Pinmas)—Menyusul hasil penelitian Kementerian Agama tentang buku cerita bergambar Nabi Muhammad yang salah satunya ditemukan di sebuah Sekolah Dasar (SD) Islam di Solo, Jawa Tengah, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nur Syam menyatakan bahwa masalah ini akibat ketidak-cermatan dalam pencetakan sehingga terjadi kesalahan cetak.

“Kesalahan ini bukan sebuah kesengajaan akan tetapi merupakan teknis pencetakan, yang kurang di dalam pencetakan buku dimaksud,” kata Nur Syam kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/5).

Untuk itu Kemenag tambah Nur Syam telah mengintruksikan penarikan yaitu dari madrasah-madrasah yang telah dikirimi buku tersebut. Pihak penerbit kata dia lagi, juga diminta untuk menarik seluruh buku dari peredaran sesegera mungkin.

“Sebagai gantinya, penerbit harus menerbitkan ulang buku dimaksud dengan memperbaiki ilustrasinya yang bermasalah dan mengirimkan kembali ke madrasah sasaran. Sebelum buku tersebut dicetak maka harus diteliti dahu;lu yang melibatkan tim ahli di Kemenetrian Agama,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan kegiatan pengadaan buku perpustakaan bagi Madrasah Ibtidaiyah Tahun Anggaran 2011 pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam maka kedua buku terbitan Nobel Edumedia itu merupakan buku yang dijadikan Buku Ajar dan Referensi Madrasah Tahun 2010.

Menurut dia, kedua buku berjudul ”Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi” dan ”Kisah Teladan dalam Islam” itu tercantum di dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.I/725B/2010 tentang Penetapan Buku Ajar dan Referensi Madrasah Tahun 2010.

Lebih jauh Dirjen menjelaskan, kedua buku dibeli oleh Kemenag melalui Daftar Pelaksanaan Isian Anggaran (DIPA) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun anggaran 2011 sebanyak 5.760 eksemplar dan didistribusikan ke 480 Madrasah Ibtidaiyah swasta di 6 provinsi serta diputuskan lewat Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Islam Nomor DJ.I/1473.J/2011 tertanggal 27 Oktober 2011

”Keenam provinsi itu penerima distribusi buku itu sendiri yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” katanya.

Seperti diketahui, publik Tanah Air beberapa hari belakangan dihebohkan buku cerita yang memuat visualisasi Nabi Muhammad SAW. Awalnya, visualisasi Nabi Muhammad hanya ditemukan di buku berjudul ”Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi” yang tersimpan di sebuah SD Islam di Solo, Jawa Tengah. Namun hasil penelusuran Tim Kemenag, gambar Nabi Muhammad juga ditemukan di buku ”Kisah Teladan dalam Islam” yang juga diterbitkan oleh Nobel Edumedia.

Dari pengamatan media, visualisasi Nabi Muhammad SAW yang dibalut dengan huruf Arab bertuliskan Muhammad dalam buku ”Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi”, termuat setidaknya di lima halaman yaitu di halaman 43, 44, 46, 47 dan 48.

Sementara dalam buku Kisah Teladan dalam Islam” ,visualisasi Nabi Muhammad ditampilkan sebanyak tiga kali yaitu di cover bagian depan, cover bagian dalam dan halaman tujuh. Sosok Nabi Muhammad di buku itu ditampilkan dari belakang. Ilustrasi seseorang yang digambarkan sebagai Nabi Muhammad itu terlihat berjubah putih, menunggangi onta dan ditutupi huruf Arab bertuliskan Muhammad. (ks)

http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=93915

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s