Tinggi Gelombang di Perairan Aceh Capai 4 Meter

Banda Aceh | Harian Aceh
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan tinga hari ke depan, 29-31 Mei 2012, tinggi gelombang di perairan Aceh (Sabang/Pulau Aceh) mencapai maksimum 4 meter. Kondisi ini menurut BMKG dipicu lantaran kencangnya angin bertiup dalam tiga hari ke depan yang mencapai 35 km/jam.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG stasiun Blang Bintang Suprapto melalui prakirawannya Nasyithah Az-zahra Lubis via phone, Senin (28/5) menjelaskan, tinggi gelombang tidak saja terjadi di perairan Aceh. Ketinggian permukaan angin sampai 3000 feet bertiup dari Barat  Daya dengan Kecepatan
10-35 km/jam menurut dia, juga memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan timur-utara dan barat-selatan Aceh.

“Dilihat dari pergerakan angin, terdapat belokan angin di provinsi Aceh menuju ke utara dengan kecepatan tinggi. Kondisi ini terjadi tiga hari ke depan dan lambat laun kondisi ini perlahan normal kembali namun gelobang tetap tinggi di atas dua meter,” kata dia.

Sebut Nasyithah, tinggi gelombang di perairan Aceh tiga hari ke depan, 29-31 Mei diprakirakan,  yakni perairan Sabang/Pulau Aceh 2.0-4.0 meter. Di perairan utara-timur Aceh diperkirakan 1.25-2.5 meter. Sedangkan di perairan barat dan selatan Aceh diperkirakan 2.0-3.0 meter.

“Tinggi gelombang tiga hari ke depan di laut Aceh di atas dua meter ketinggiannya sangat riskan bagi keselamatan pelayaran, terutama bagi kapal-kapal kecil dan nelayan, karena itu kami meminta masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut, pengusaha dan nelayan tetap waspada,”ujar Nasyithah.

Selain masyarakat diminta waspadai gelombang tinggi, dia juga meminta masyarakat juga waspada terhadap angin kencang. Misal memperbaiki pondasi atap rumah dan tidak berteduh di bawah pohon atau tiang listrik maupun bilboard. (san)

http://harian-aceh.com/2012/05/28/tinggi-gelombang-di-perairan-aceh-capai-4-meter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s