Jemaah Haji 2012, Akan Mem

Jakarta (Pinmas)—Satu terobosan kebijakan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) terkait pelayanan haji tahun 2012. Peningkatan pelayanan katering ini, terkait rencana pemberian menu tambahan bagi jamaah haji.

Direktur Pelayanan Haji Kemenag Sri Ilham Lubis membenarkan adanya perbaikan pelayanan konsumsi bagi para jamaah haji tahun ini. Hal tersebut sebagai bagian dari upaya Kementerian Agama meningkatkan mutu pelayanan bagi jamaah.

”Kita terus membenani pelayanan haji. Ragam kebijakan dilakukan, termasuk memberikan menu tambahan bagi jamaah,” ujar Sri Ilham Lubis usai ditemui dalam sebuah seminar di Jakarta, Selasa (29/5).

Dijelaskan pejabat berkerudung dengan motif bunga itu, pemberian menu tambahan sangat dibutuhkan bagi jamaah. Selain untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan gizi, juga memberikan tambahan energi bagi jamaah. Agar dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Apa saja menu tambahan itu? Sri Ilham Lubis tak memberikan rician secara lugas. Dia hanya memastikan salah satu menu tambahan itu adalah pemberian roti bagi jamaah. Termasuk pula sajian minuman hangat.

”Pokoknya ada menu tambahan yang lebih baik. Salah satunya roti dan air teh,” tutur dia.

Menu tambahan roti itu, tegas dia bakal dinikmati para jamaah pada pagi hari. Menu roti tersebut tidak mengganggu menu sarapan yang memang juga tersedia. Jadi roti yang diberikan sebagai pelengkap menu sarapan pagi.

Menu tambahan tersebut, Sri Ilham memastikan tidak tersedia pada pelayanan catering haji tahun lalu. Menu itu menjadi kebijakan pelayanan katering tahun ini, yang diyakini dapat menambah kenyamanan bagi jamamah haji.

Ditanya soal menu tambahan yang berkaitan dengan biaya haji, Direktur Pelayanan Haji langsung memberikan tanggapan tegas. Dengan memastikan tidak ada biaya tambahan bagi ketersediaan menu tambahan jamaah haji.

”Jangan khawatir itu tidak ada biaya lagi. Semua itu murni peningkatan pelayanan haji,” jelasnya.

Lebih detil Sri Ilham Lubis mengungkapkan sampai saat ini tengah mempersiapkan materi kontrak dengan sejumlah perusahaan jasa katering yang terlibat dalam pelayanan haji. Selanjutnya penandatangan kontrak kerjasama tersebut, untuk dapat mengetahui hak dan kewajiban dari setiap perusahaan katering yang dilibatkan.

Selain itu pula persiapan yang terpenting adalah pengawas katering. Kementerian Agama melibatkan dua petugas pengawas katering pada setiap maktab yang ada. Pengawasan itulah yang secara langsung mengontrol menu, volume dan waktu pengiriman makanan.

”Penyajian katering itu sangat sensitif. Terlambat bisa basi masakan, terlalu cepat juga tidak enak. Jadi harus dikontrol sebaik mungkin,” kata dia.

Dia berharap pelayanan katering tahun ini bisa terus meningkat. Bukan hanya dari sisi kuatintas dan keceapatan pelayanan, tetapi juga kualitas pelayanan yang memadai. Terutama pada puncak musim haji yang kondisi tantangannya sangat berbeda.(rko)

http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=94349

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s