Menag: Meraih WTP Bukan Persoalan Sederhana

Jakarta (Pinmas)— Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan, upaya meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ternyata bukan persoalan sederhana, karena kemampuan sumber daya yang ada di Kementerian ini beragam dengan 4474 satuan kerja (Satker).

“Aparat saya sudah bekerja keras sejak. Sejak 2010 lalu, target WTP harusnya sudah tercapai. Tapi yang didapat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Itu tak tercapai hanya persoalan waktu saja,” kata Menag Suryadharma Ali mengomentari hasil WTP yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kementerian Agama Tahun 2011.

Ia mengaku gembira atas hasil itu. Namun Menag mengaku upaya yang dicapainya dilakukan dengan sedikit “keras”. “Saya injak kakinya Irjen M. Suparta,” kata Menag Suryadharma Ali sambil melirik M. Suparta yang berdiri di samping kirinya, di Jakarta, Kamis (31/5).

Ketika itu, pada tahun 2010, ia menceritakan harus ada upaya kuat untuk meraih WTP. “Bagaimana caranya, jangan tanya kepada saya,” ia menjelaskan.

Namun, lanjut dia lagi, persoalan ini memang tidak sederhana. Karena itu ia memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kemenag atas upaya ini.

Disebut tidak sederhana, katanya, bisa dibayangkan jika ada madrasah negeri yang kepala sekolahnya menjadi tukang buka dan tutup pintu kelas, sebagai pejabat tata usaha dan juga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Belum lagi kemampuan dan latarbelakang dalam mengelola keuangan. Sehingga, pada tahun-tahun sebelumnya kerap dijumpai dalam laporan keuangan salah menempatkan di kolom dalam laporan keuangan. Apalagi satuan kerja demikian banyak. Tapi ia pun yakin bahwa hal itu bisa dicapai dengan kerja keras dan ikhlas.“Saya menaruh apresiasi,” ia mengatakan lagi.

Kendati begitu, ia berharap, ke depan jajaran Kemenag tidak boleh berpuas diri. Kerja keras dan efesiensi dengan kehati-hatian perlu ditingkatkan. Dengan begitu, kinerja pun pasti akan semakin baik.(ant/ess)

http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=94528

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s