Puluhan Warga di Abdya Terjaring Razia Syariat Islam

Blangpidie | Harian Aceh

Puluhan warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (2/6), terjaring dalam razia dan sosialisasi penegakan syariat Islam yang dilakukan tim gabungan yang terdiri dari personel Wilayathul Hisbah (WH), Satpol PP, POM dan Polres Abdya yang bekerja sama dengan Dinas Syari’at Islam Abdya. Razia itu digelar di Jalan Nasional Blangpidie Simpang Menuju Komplek Perkantoran Kabupaten Abdya.

Kepala Seksi Penegakan dan Pelanggaran pada kantor Satpol PP dan WH Kabupaten Abdya, Muktaruddin ketika sedang bertugas kepada Harian Aceh mengatakan ada puluhan wanita yang memakai baju dan celana ketat terjaring pada razia serta sosialisasi Peraturan daerah (qanun) nomor 11/2002 tentang aqidah, ibadah dan syiar Islam juga tentang Qanun Nomor 12 dan 13 tahun 2003.

“Tidak hanya kaum wanita, belasan laki-laki umumnya remaja yang memakai celana pendek juga terjaring dam mendapat pengarahan dari petugas dan dalam hal ini juga bukan semata-mata tentang persoalan pakaian saja akan tetapi semua yang melanggar dari aturan qanun-qanun tersebut akan kita tindak sesuai dengan peraturan dalam syari’at,” kata Mukhtaruddin.

Ia menambahkan, para wanita dan laki-laki yang tidak memakai pakaian seperti yang diatur dalam qanun syariat islam itu didata dan mendapat pengarahan agar lebih sopan dalam berbusana. “Semua yang terjaring telah kami data dan mereka telah menandatangani surat perjanjian tidak mengulangi lagi perbuatan yang melanggar qanun syariat Islam,” ujarnya.

Razia dilakukan disimpang jalan ke arah kantor Bupati tersebut berlangsung selama 1 jam lebih sehingga mengakibatkan pengguna jalan agak kebingungan serta lari dengan kocar kacir karena ketakutan terkena razia sebab banyak pengguna jalan yang masih belum melengkapi mengenai yang ditetapkan dalam peraturan daerah provinsi Aceh tersebut.

Mukhtaruddin berharap peran serta seluruh komponen masyarakat untuk mematuhi dan mensosialisasikan peraturan tentang syariat islam sehingga terwujud pelaksanaan secara menyeluruh bukan hanya kepada rakyat kecil saja akan tetapi juga kepada para masyarakat kalangan atas yang memiliki jabatan. “Kesadaran masyarakat sudah mulai terlihat namun butuh arahan dan bimbingan saja sehingga tidak mengulanginya lagi dan melanggar peraturan qanun yang sudah ditetapkan di Provinsi Aceh,” ujarnya. (fri)

http://harian-aceh.com/2012/06/04/puluhan-warga-di-abdya-terjaring-razia-syariat-islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s