Ratusan Pengunjuk Rasa Mesir Duduki Bundaran Tahrir

Kairo, (Analisa). Ratusan demonstran menduduki Bundaran At Tahrir di ibukota Mesir, Kairo, Minggu (3/6), memprotes hukuman yang dijatuhkan sehari sebelumnya atas mantan presiden Hosni Mubarak dan kepala staf keamanannya.

Sebagian demonstran tidur di tenda atau di tempat terbuka pada malam hari di lapangan yang menjadi legenda itu, pusat revolusi anti-Mubark yang menggulingkan pemimpin kawakan dunia Arab tersebut pada 2011, setelah tiga dasawarsa pemerintahnya.”Kami bermaksud tetap di sini hari ini dan barangkali besok. Kami berharap banyak orang akan datang lagi,” kata Omar Abdelkader, pemrotes muda di Bundaran At Tahrir.

Sebanyak 20.000 orang telah datang ke Bundaran At Tahrir sejak Sabtu, setelah g hakim menjatuhkan vonis atas Mubarak (84), dan menteri dalam negerinya Habib Al Adly hukuman penjara seumur hidup karena perannya dalam kematian lebih dari 800 pemrotes selama revolusi tahun lalu.

Namun hakim itu membebaskan enam kepala staf keamanannya dengan dakwaan yang sama.

Seorang anggota tim pembela Mubarak memberitahu Minggu siang, mantan presiden tersebut akan mengajukan banding.

Mubarak, satu-satunya otokrat yang digulingkan dalam Arab Spring yang diadili secara langsung, mestinya dikirim ke tiang gantungan sebagaimana dituntut oleh jaksa penuntut umum.

Tim pembela Mubarak dan pengacara yang mewakili korbannya mengatakan terpidana dapat dengan mengubah mengajukan banding atas vonis itu.

Putusan tersebut memicu kemarahan di dalam dan luar gedung pengadilan, dan pemrotes melancarkan pertemuan terbuka di Kairo, Iskandariyah serta kota besar lain di Mesir.

(Ant/AFP)http://www.analisadaily.com/news/read/2012/06/04/54137/ratusan_pengunjuk_rasa_mesire_duduki_bundaran_tahrir/#.T8zMDLBDsbg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s