Kemenag Abdya Mengirimkan Dua Utusan Dalam MQK Provinsi Aceh 2012

Banda Aceh – Bidang Urais Kanwil Kemenag Aceh juga menyelanggarakan lomba Baca Kitab Kuning bagi penghulu dan KUA se-Aceh. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Permata Hati Aceh Besar, 9-13 Juni 2012.

Muhammad Imran, S.Ag, Ketua Panitia Lomba Baca Kitab Kuning untuk KUA Tingkat Provinsi Aceh mengatakan bahwa nantinya peserta terbaik akan mewakili aceh pada kegiatan serupa di tingkat Nasional. ”Ada 37 orang yang mengikuti lomba ini, 18 orang dari unsur Kepala KUA dan 19 orang dari unsur Penghulu, nantinya akan dipilih satu orang peserta terbaik untuk mewakili Aceh di tingkat Nasional,” ujar Imran.

Kriteria penilaian lomba baca kitab kuning ini adalah (1) Kefasihan Membaca yang meliputi makhraj, mad, syiddah, tanghim, dan sur’ah thabiyah; (2) Kebenaran membaca yang meliputi binyah sharfiyah, tarakib nahwiyah dan alamat i’rab; (3) Pemahaman makna yang meliputi ma’na al-mufradat, ma’na al-jumal dan ma’na al-dalalah.

Materi kitab yang dilombakan adalah Kitab Kifayatul-Akhyar dan Kitab Fathul-Mu’in. Tim penilai terdiri dari unsur Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Adapun utusan dari kankemenag Abdya, untuk kategori Kepala KUA oleh Said Fairus Sattar, S.Ag Kepala KUA Kec. Susoh. Dan kategori Penghulu oleh H. Roni Haldi, Lc Penghulu Pertama pada KUA kec. Tangan – Tangan.

Mudah – mudahkan mendapat hasil yang baik.

https://kuatangantangan.wordpress.com/wp-admin/post-new.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s