Al Quran Salah Cetak Harus Ditarik

Jakarta (Pinmas)—Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Machasin menyatakan, pihaknya telah menerima laporan mengenai Al Quran ang salah cetak. Namun demikian masih menelusuri keberadaan kemudian dilakukan penelitian kesalahan yang ada pada kitab suci itu.

“Laporan sudah kami terima dari Lembaga Percetakan Al Quran, tapi kami belum lakukan penelitian. Kalau salah cetak harus ditarik,” kata Machasin menjawab wartawan usai konprensi pers tentang rencana akan digelar simposium internasional tentang peran serta strategis pendidikan agama dalam pengembangan budaya damai di kantor Kemenag, Jl. MH.Thamrin No.6, Jakarta, Rabu (5/9).

Mengapa bisa terjadi salah cetak, menurut Machasin terjadi pada proses pengadaan. “Mestinya diverifikasi lebih dahulu. Karena untuk menerbitkan, mencetak Al Quran harus melalui berbagai tahapan,” ujarnya.

Hasil penelitian Direktur Lembaga Percetakan Al Quran (LPQ), Sarmidin Nasir, sebelumnya mendapati Alquran yang dicetak pada 2011 ditemukan mengalami kesalahan pada halaman 88. Halaman seharusnya berlanjut ke halaman 89, tetapi justru balik ke halaman 57. Berikutnya halaman kurang atau isi kurang mulai halaman 89 sampai 120.

Selain itu, kesalahan lain adalah perubahan tanda baca (harokat) kasroh menjadi tanwim pada halaman 339. Petikan ayat tersebut seharusnya berbunyi bi afwahikum. Namun karena terdapat kesalahan tanda baca, bunyinya menjadi bin afwahikum.

Selain itu, ada juga ayat yang gundul atau tidak memiliki tanda baca pada 367. Kesalahan teknis lainnya sebagian besar berupa halamannya yang membayang sehingga tidak bisa dibaca karena terlihat seperti tulisan yang bertumpuk. Di beberapa halaman, terdapat pula beberapa ayat yang tercetak keriput karena kertasnya keriput sehingga hurufnya terpotong-potong. (ks)

http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=102709

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s