Amirul Haj Kritik Penanganan Sampah di Mina

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Amirul Haj Indonesia, Suryadharma Ali menilai penanganan sampah yang dilakukan pemerintah Arab Saudi selama di Mina kurang cepat. Akibatnya, aroma tak sedap menyebar di mana-mana.

‘’Hal itu juga diperparah dengan kebiasaan jamaah haji dari berbagai negara yang membuang sampah sembarangan,’’ ujar Suryadharma kepada wartawan,  Ahad (28/10) sore Waktu Arab Saudi.

Suryadharma juga menyoroti cara penggunaan kamar mandi atau toilet yang kurang baik. Jamaah haji dari berbagai negara dinilai masih sangat jorok dalam menggunakan toilet. Akibatnya, toilet-toilet yang tersedia sangat kotor dan bau.

Amirul Haj menyatakan akan menyampaikan hal itu kepada Kementerian Haji Arab Saudi.  ‘’Kami akan beri masukan agar Kementerian Haji Arab Saudi bisa menyampaikan kepada negara-negara lain agar jamaahnya lebih memperhatikan kebersihan selama berhaji,’’ ujar Menteri Agama RI itu.

Suryadharma juga berjanji akan membina jamaah haji Indonesia untuk lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan selama berhaji. ‘’Masalah pentingnya membuang sampah pada tempatnya, serta mengunakan toilet secara benar akan dijadikan bahan dalam program manasik,’’ tuturnya.

Berdasarkan pantauan Republika, tumpukan sampah di kawasan Mina menyebar di mana-mana. Jamaah haji memang kurang peduli untuk membuang sampah pada tempat yang tersedia. Selain itu, tempat membuang sampah juga kurang.

Sebenarnya, mobil-mobil khusus pembersih sampah tersedia. Namun, mobil tersebut sulit untuk bergerak karena jamaah memenuhi wilayah Mina.  Petugas kebersihan biasanya harus mengusir jamaah yang sedang duduk atau tidur. Di kawasan jamarat juga sebenarnya sudah tersebar petugas yang menyiapkan  kantong plastik untuk menampung sampah dari jamaah.

Yang lebih memprihatinkan, penggunaan toilet. Jamaah haji dari Asia Selatan dan negara-negara Afrika sangat jorok. Akibatnya, toilet sangat bau. Jamaah haji Indonesia rata-rata tak kuat dengan aroma toilet yang sangat bau tersebut.

Banyak jamaah haji dari negara Asia Selatan yang menggunduli rambutnya di sekitar toilet juga memicu munculnya bau tak sedap. Potongan rambut yang dibuang sembarangan memunculkan bau. Selain itu, tumpukan kain ihram bekas yang dibuang jamaah juga sangat tak sedap dipandang.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/12/10/29/mcnc8y-amirul-haj-kritik-penanganan-sampah-di-mina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s