Sejarah Dan Kondisi Geografis Kantor Urusan Agama Kecamatan Tangan-Tangan

Tangan – Tangan . Kantor Urusan Agama Kecamatan Tangan-Tangan adalah salah satu Kantor Urusan Agama dari 9 ( Sembilan) Kantor Urusan Agama merupakan  intansi terdepan Kementerian Agama terutama dalam melaksanakan tugas bidang  Urusan Agama Islam di tingkat Kecamatan.

Dalam melaksanakan tugas Kantor Urusan Agama tidak tertumpu  pada pencatatan Nikah dan Rujuk saja,tetapi juga pembinaan kehidupan  beragama di wilayah Kecamatan  dengan  bekerja sama baik secara Vertikal maupun lintas sektoral  di bawah koordinasi Camat sebagai Kepala Wilayah.

Sebagai Aparatur Pemerintah,Kantor Urusan Agama Kecamatan bertugas membantu pelaksanaan pembinaan kehidupan umat beragama secara terpadu dengan pemda dalam hal ini Camat sebagai Pimpinan Wilayah sesuai Undang-undang Pokok Pemerintah Daerah Nomor 5 Tahun 1974.

Kondisi Geografis Kantor Urusan Agama Kecamatan  Tangan-Tangan.

          Kantor Urusan Agama Kecamatan Tangan-Tangan merupakan salah satu dari Kantor Pemerintah yang berada di Wilayah Kecamatan          Tangan-Tangan Yaitu :

Sebelah Barat berbatasan dengan Kec. Setia

Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Manggeng

Sebelah Utara berbatasan dengan  Kab. Gayo Lues

Sebelas Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia

Luas Wilayah Kecamatan Tangan-Tangan.

Luas Wilayah                = 2,70 % ( 63.00 km2)

Jumlah Desa                 = 15 Desa

Jumlah Penduduk        = 12.340 Jiwa

Laki-Laki                        =  6.199  jiwa

Perempuan                   =  6.142  jiwa

Kepala Keluarga            =  3.264  Jiwa

(Sumber data : Kecamatan Tangan-Tangan  Dalam Angka 2012 )

 

Penduduk Kecamatan Tangan-Tangan semuanya beragama Islam,sedangkan jumlah Rumah Ibadah sebanyak 34 buah terdiri dari 15 buah Mesjid dan  19 buah mushalla.Mata pencarian pada umumnya petani selain itu  Pegawai Negeri,Wiraswasta Pedagang,Nelayan dan lain-lain.

Lembaga Pendidikan Umum yang ada di Tangan-Tangan Yaitu SD sebanyak 10 buah,SLTP sebanyak 2 buah,SMU sebanyak 1 buah.Sedangkan Lembaga Pendidikan Agama meliputi MIN sebanyak 2 buah,MTsn sebanyak 1 buah,MAS 1 buah  disamping  lembaga pendidikan formal juga terdapat lembaga pendidikan Non formal yaitu Pondok Pesantren sebanyak 10 buah.

Pernikahan Tahun 2011 berjumlah 122 pasang dengan rata-rata 10 pasang perbulan,sedangkan jumlah tanah Wakaf di Kecamatan           Tangan-Tangan Sebanyak 33 dengan luas 50,366.75,untuk Mesjid  8 lokasi dengan luas 10,285,Langgar/Mushalla 10 lokasi dengan luas : 9,034, Madrasah/Langgar 1 lokasi dengan luas : 1,1815,Kuburan/makam 5 lokasi dengan luas 14,049,Sosial/lain-lain 1 lokasi dengan luas 277.

https://kuatangantangan.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s