Pagu Anggaran Kementerian Agama 2013 Capai Rp 37,3 triliyun

Logo Vector Kementerian Agama _ KEMENAGPerencanaan News On Pagu Anggaran Kementerian Agama 2013 Capai Rp 37,3 triliun.– Besarnya rencana anggaran Kementerian Agama (Kemenag) yang mencapai Rp 38 triliun pada 2013 salah satunya untuk alokasi gaji guru-guru pondok pesantren yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Dalam APBN 2012, Kemenag mendapat telah mendapat alokasi anggaran Rp 37,3 triliun.

Anggaran itu umumnya banyak tersalurkan ke daerah, misalnya sebagai contoh pada pagu anggaran 2008, dari Rp 17,5 triliun, sebanyak 87,8% untuk daerah dan 12,12% untuk pusat. Adapun untuk daerah mencakup Kanwil Depag, Balai Diklat, Balai Litbang, UIN dan IAIN, STAIN,STAKN, IHDN,STAHN, dan STABN.

“Kalau tidak salah, Kemenag juga membayar gaji guru-guru yang pondok pesantreen, madrasah,” ungkap Anggota DPR-RI dari Komisi IV, Sudin kepada detikFinance, Minggu (29/7/12).

Sudin yang komisinya membawahi bidang pertanian dan kelautan mengatakan alokasi anggaran untuk Kementerian Pertanian jauh di bawah kemenag. Anggaran kementerian pertanian hanya sebesar Rp 18 triliun, sementara anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan yang hanya Rp 5 triliun.

Walau demikian, Sudin mengaku pihaknya selalu berusaha meningkatkan alokasi anggaran untuk kedua Kementerian tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing kementerian.

“Kami selalu berusaha meningkatkan anggaran tersebut, peningkatan setiap tahun itu selalu ada. Tapi kita masih negara maritim kok, cuma memang kelautan kita sedang tidak bagus,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, Koordinator Nasional untuk Desa Sejahtera, Tejo Wahyu Jatmiko menyayangkan anggaran untuk Kementerian Agama lebih besar dibanding Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kelautan. Terlebih dalam keadaan negeri kita yang sedang mengusahakan swasembada dalam beberapa komoditi, agar tak lagi impor.

“Tahun ini Kementerian Agama mendapatkan alokasi Rp 37 triliun sementara Pertanian hanya dapat Rp 18 triliun jauh hampir setengahnya Kementerian Agama, bahkan lebih ironis lagi kementerian Kelautan hanya dapat Rp 5 triliun,” ungkap Tejo.

Pada rancangan awal kerja pemerintah tahun anggaran 2013 untuk kementerian dan lembaga (K/L). Kementerian ini mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 38 triliun. Tidak dirinci anggarannya dari mana, namun anggaran ini masuk nomor 5 dalam lima besar.

Setelah Kementerian Agama, lalu diikuti dengan Kementeran Kesehatan Rp 30,915 triliun, Kementerian Perhubungan Rp 31,367 triliun, Kementerian Pertanian Rp 19,331 triliun, dan Kementerian Dalam Negeri Rp 14,433 triliun.
Sumber : http://finance.detik.com

Baca Selengkapnya: http://www.perencana.info/2012/08/pagu-anggaran-kementerian-agama-2013.html#ixzz2EYom51aP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s