Akan Dilakukan Restrukturisasi Birokrasi Pusat

 

Jakarta (Pinmas)—Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Eko Prasojo mengatakan Kemenpan-RB akan merestrukturisasi kementerian dan lembaga di tingkat pusat.

“Untuk tahap awal akan dilakukan di tingkat pusat, selanjutnya kami harapkan bisa menular hingga ke daerah,” katanya usai menghadiri Diskusi Kelompok Terfokus Melibatkan Media Massa dan Organisasi Sipil dalam Percepatan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Rabu (2/5).

Menurut dia, Kemenpan-RB telah membentuk tim yang terdiri atas akademisi dan ahli ilmu pemerintahan untuk melakukan persiapan restrukturisasi tersebut.

“Untuk mereformasi struktur kepegawaian perlu dilakukan analisis terlebih dulu, tidak bisa langsung dihapus begitu saja,” katanya.

Ia mengatakan restrukturisasi kepegawaian merupakan cara untuk mereformasi dalam arti sebenarnya, sementara selama ini program reformasi birokrasi hanya menyentuh lingkaran luar yang berhubungan dengan publik.

“Padahal, reformasi dari dalam adalah intinya. Dengan restrukturisasi berarti kita akan melakukan ‘the real reform’, reformasi yang sesungguhnya,” kata Eko.

Namun, ia mengakui akan ada banyak halangan dan rintangan untuk melaksanakan restrukturisasi birokrasi karena menyangkut faktor kenyamanan banyak pihak.

“Memangkas suatu jabatan tentu akan menimbulkan resistensi karena menyentuh zona nyaman pihak-pihak terkait. Bahkan, itu bisa berarti ‘mengambil’ rejeki orang,” katanya.

Oleh karena itu, Eko menegaskan pentingnya analisis dan persiapan yang mendalam dan mendetail untuk menilai struktur dan fungsi yang perlu dipangkas karena kurang maupun tidak efektif.

Terkait program percepatan reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah, secara umum Eko berpendapat bahwa faktor penting keberhasilannya adalah dukungan dari masyarakat.

“Dukungan dari masyarakat berperan penting sebagai ‘public pressure’ atau dalam artian ada keinginan dari masyarakat untuk menekan terwujudnya reformasi dalam birokrasi,” katanya.

Diskusi Kelompok Terfokus Melibatkan Media Massa dan Organisasi Sipil dalam Percepatan Reformasi Birokrasi yang juga dihadiri oleh Menpan-RB Azwar Abubakar tersebut diselenggarakan oleh Kemenpan-RB untuk bertukar pikiran dengan media dan organisasi sipil dalam menjalankan percepatan reformasi birokrasi.(ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s