Lem Faisal: Pendidikan Agama Tanggungjawab Bersama

 

Banda Aceh-KemenagNews (2/5/2012)

Tgk H Faisal Amin, Ketua NU Aceh, dan Sekretaris Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) yang lazim dipanggil Lem Faisal, pada rabu siang (2/5) berkesempatan memberikan kajian di Musahlla Kanwil Kemenag Aceh bakda Shalat Dhuhur berjamaah.

Terkait dengan momentum hari pendidikan nasional 2 Mei, Lem Faisal mengangkat tema tentang pentingnya tangungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua dalam mengawal pendidikan agama, khususnya bagi generasi muda.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa nilai dan cara pandang masyarakat sudah berubah karena pengaruh zaman, namun tugas kita bersama untuk terus berdakwa dan mengingatkan seluruh komponen masyarakat supaya kembali ke rujukan dan nilai yang benar, yaitu agama dan hukum-hukumnya,” kata Tgk. Faisal.

Lem mengangkat kisah penobatan Umar bin Abdul Aziz sebagai khalifah bani umayyah. Umar merasa bahagia karena orang-orang berharap supaya ia menjadi seperti layaknya Abubakar Siddiq ra, Umar al-Faruq ra, Utsman dan juga Ali ra, namun beliau bersedih karena para sahabat dan pendukungnya tidak meniru para karakter dari para sahabat yang menjadi pendukung khulafaurrasyidin terdahulu.

“Karenanya, kita tidak bisa menyalahkan pemimpin semata-mata atas menurunnya kualitas pendidikan dan keberagamaan masyarakat, demikian pula dengan pemerintah juga tidak bisa cuci tangan begitu saja terhadap berbagai persoalan yang mincul di masyarakat. Ini tanggung jawab bersama, semua harus memperbaiki diri sedari awal,” tegas Lem Faisal.

Program kajian keagamaan bakda dhuhur sudah dijalankan sejak februari 2012 setiap rabu siang, dan menjadi salah satu kegiatan favorit karyawan dan karyawati Kanwil Kemenag Aceh. Dalam kajian ini, selain diisi oleh ulama dan tokoh-tokoh terkemukan, para peserta juga boleh bertanya dan berdiskusi tentang berbagai hal terkait tema yang sedang dibahas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s